Selasa, 13 September 2016

Organisasi dan Arsitektur Komputer


Organisasi dan arsitektur komputer

PENGERTIAN

A. Organisasi Komputer

Organisasi Komputer adalah bagian yang berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem computer. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.

B. Arsitektur Komputer

Arsitektur Komputer lebih cenderung pada pelengkap atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, seting instruksi,serta aritmetika yang digunakan dalam teknik pengalamatan dan juga mekanisme I/O(input/output).

PERBEDAAN

Arsitektur Komputer

Merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer merupakan rancangan cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan suatu perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, proses perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, serta mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll. Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.

Organisasi Komputer

Adalah bagian yang sangat terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem computer, dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.

Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras maupun perangkat lunaknya sehingga dapat terciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya




Berikut konsep atau gambaran dari struktur dan ke organisasian pada komputer

Perbedaaan Utamanya :

Organisasi Komputer :

Ø Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional

Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control

Arsitektur Komputer

Ø Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer

Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O

Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang sudah umum di kalangan masyarakat,baik yang masih anak-anak maupun orang dewasa,penggunaan komputer tentunya sesuai dengan tingkat pemahaman dan penggunaan . Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, atau biasa yang disebut dengan “bus”.

Semua komputer memiliki 4 fungsi:

•Pengolahan data – Data processing

•Penyimpanan data – Data storage

•Pemindahan data – Data movement

•Kendali – Control

Struktur dan fungsi komputer




PENJELASAN

fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:

1. Input Device (Alat Masukan)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard

2. Output Device (Alat Keluaran)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

3. I/O Ports

Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

4. CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

5. Memori

Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

6. Data Bus

Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

7. Address Bus

Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.

8. Control Bus

Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

Evolusi Komputer

Komponen-komponen Pembentuk PC

1. CPU (Central Processing Unit) atau Processor

2. Motherboard

3. Memory

4. Casing dan Power Supply

5. Keyboard dan Mouse

6. Expansion Card

Teknologi Komputer Mengalami Perubahan Dramatis

—PROSESSOR

Ø 2X lebih cepat setiap 1,5 tahun

Ø 100X lebih cepat dalam dekade terakhir

—MEMORI

Ø Kapasitas DRAM: 2x / 2 years

Ø Kecepatan Memori: meningkat 10% per tahun

Ø Biaya per bit: membaik 25% per tahun

Ø Kapasitas meningkat 64X dalam dekade terakhir

— DISK

Ø Kapasitas disk: > 2X setiap 1,0 tahun

Ø Biaya per bit: membaik 100% per tahun

Ø Kapasitas meningkat 120X dalam dekade terakhir

KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1941)
Ø Pemicu Perang Dunia II

Ø Penggunaan Vacum Tube & instruksi menggunakan bahasa mesin

Ø ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) : 18000 tabung, 30 ton.

KOMPUTER GENERASI KEDUA (1948)
Ø Menggunakan Transistor ( IBM 1401 )

Ø Sudah memiliki SO , program , media penyimpan (disket)

Ø Munculnya COBOL , FORTRAN

Ø Software house, programmer, analyst

Ø Pemanfaatan pada skala industri

KOMPUTER GENERASI KETIGA (1958)
Ø Penggunaan IC (Integrated Circuit )

Ø Pengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa

Ø Munculnya chip semikonduktor : gabungan banyak IC dalam 1 chip yang dapat diprogram sesui dengan kebutuhan

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1980)

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.

Ø Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.

Ø Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ø Mikroprosesor : penggabungan seluruh komponen komputer ( CPU , memori, kendali I/O) dan diprogram sesuai dengan kebutuhan.

Ø Munculnya PC

KOMPUTER GENERASI KELIMA

Ø Sudah tidak berorientasi pada kecepatan atau ukuran fisik, namun lebih menonjolkan performance Artificial Intelegence

Ø Patern recognation, bioinformatika



Sumber :

https://dienalj.wordpress.com/2015/11/11/penjelasan-organisasi-dan-arsitektur-komputer/

http://xeroctxentral.blogspot.co.id/2013/10/organisasi-dan-arsitektur-komputer.html

https://destathea.wordpress.com/2013/10/05/organisasi-arsitektur-komputer/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar